Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi pembelajaran yang menarik dalam pendidikan Islam di MTsN Siulak, khususnya pada tiga siswa yang memiliki gaya belajar berbeda: auditori, visual, dan kinestetik. Melalui pendekatan penelitian tindakan kasus, penelitian ini mengeksplorasi penerapan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individual siswa guna meningkatkan pemahaman dan keterlibatan mereka dalam pembelajaran pendidikan Islam. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran yang adaptif—seperti penggunaan media visual untuk siswa visual, narasi cerita untuk siswa auditori, dan kegiatan fisik untuk siswa kinestetik—dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan personal dalam proses pembelajaran di madrasah untuk mengatasi perbedaan gaya belajar, serta memberikan implikasi praktis bagi guru dalam mengembangkan strategi pengajaran yang lebih efektif dan inklusif di MTsN Siulak. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam merancang metode pembelajaran yang lebih menarik dan berdampak positif bagi keterlibatan siswa di kelas.
Copyrights © 2021