Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia
Vol 5, No 3 (2021)

Pengembangan Web e-Learning untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa SMP Negeri 16 Kerinci

Hartuti, Rina (Unknown)
Handican, Rhomiy (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas platform e-learning berbasis web dalam meningkatkan literasi digital siswa SMP, khususnya di SMPN 16 Kerinci. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Sebanyak 30 siswa kelas VIII dipilih sebagai sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian mencakup kuesioner validasi ahli, angket penilaian siswa dan guru, serta pre-test dan post-test literasi digital. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam literasi digital siswa, dengan skor rata-rata post-test yang lebih tinggi dibandingkan pre-test dan nilai uji gain sebesar 0,64. Validasi ahli terhadap platform e-learning ini juga menunjukkan kategori "sangat baik" pada aspek kesesuaian konten, tampilan antarmuka, dan kemudahan penggunaan. Penelitian ini memperkuat teori konstruktivisme dan teori pembelajaran multimedia, yang menyatakan bahwa interaksi aktif dengan materi digital dapat meningkatkan keterampilan literasi digital siswa. Kesimpulannya, platform e-learning yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan literasi digital siswa dan layak diterapkan sebagai media pembelajaran inovatif di sekolah-sekolah, terutama di daerah dengan keterbatasan akses teknologi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

aiptekin

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

The aim of Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia is to disseminate the conceptual thoughts, ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal scope contains scientific articles from various disciplines that are adopted in various community service ...