PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol. 2 No. 06 (2024): NOVEMBER 2024

PELATIHAN MENULIS KATA MENGGUNAKAN AKSARA LONTARAK MAKASSAR PADA SISWA KELAS V SD INPRES PATTUNG KABUPATEN GOWA

Yunus, Andi Fatimah (Unknown)
Ibrahim, Andi (Unknown)
Salsabila, Nur Hikma (Unknown)
Muarrifah, Syalwa (Unknown)
Aminarti, Dea (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2024

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis kata menggunakan lontarak Makassar pada siswa kelas V SD Inpres Pattung, Kabupaten Gowa. Menulis kata menggunakan aksara lontarak merupakan salah satu materi bahasa Daerah yang diajarkan di sekolah, tetapi masih ada siswa yang sangat sulit untuk menggunakan lontarak Makassar dalam menulis. Hal ini disebabkan siswa belum dapat menghafalkan aksara lontarak Makassar. Mereka hanya bisa menulis kata menggunakan lontarak Makassar bila melihat aksaranya. Untuk memotivasi mereka untuk mengingat aksara lontarak Makassar tanpa merasa terpaksa, maka tim pengabdi memberikan pelatihan menulis kata dengan aksara lontarak menggunakan kartu. Penggunaan kartu dalam pelatihan ini diharapkan dapat membuat proses belajar lebih menarik dan interaktif. Kegiatan pelatihan meliputi mengubah kata bahasa Indonesia yang ada pada kartu ke dalam bahasa Makassar, kemudian mencari kartu aksara lontarak yang sesuai dengan kata yang siswa dapatkan. Hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis kata menggunakan aksara lontarak, yang semula berada pada kategori kurang mengalami peningkatan, yaitu berada pada kategori mampu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Energy Engineering Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Pekat PKM: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Pekat, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...