Yayasan Cita Cendikiawan Al Khwarizmi
Vol. 4 No. 2 (2024): Artikel Riset Nopember 2024

Penerapan Digitalisasi Dan Teknologi Branding Untuk Meningkatkan Potensi Wisata Dan Daya Saing UMKM

Sa'adah, Aminatus (Unknown)
Permadi, Dimas Fanny Hebrasianto (Unknown)
Zen, Bita Parga (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2024

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Indonesia memiliki jumlah pengguna media sosial lebih dari 80 juta pengguna yang memunculkan behavior bertransaksi online dalam aspek kehidupan sehari-hari. UMKM perlu melakukan adaptasi terkait tantangan tersebut guna meningkatkan penjualan. Kegiatan PKM ini telah dilaksanakan dengan mengadakan seminar dan pelatihan bagi pelaku UMKM. Terdapat tiga materi inti yang disampaikan yaitu optimalisasi penggunaan whatsapp dan instagram dan foto produk menggunakan smartphone untuk mendukung marketing. Para pengelola wisata juga dibekali dengan pembuatan website wisata serta pengelolaannya dalam mendukung operasional dan promosi wisata. Dari seluruh rangkaian kegiatan pengabdian yang telah dilakukan, peserta mendapatkan manfaat secara spesifik dalam hal paid ads dan pengambilan foto produk menggunakan smartphone. Selain itu, website wisata yang telah dibuat juga meningkatkan dan memperluas promosi wisata desa.

Copyrights © 2024