Yayasan Cita Cendikiawan Al Khwarizmi
Vol. 4 No. 2 (2024): Artikel Riset Nopember 2024

Optimalisasi Promosi Desa Wisata Budaya Berbasis Website Pada Desa Tulusbesar

Miharso, Apit (Unknown)
Prasetya, Rizky (Unknown)
Zandra, Rosy Aprieza Puspita (Unknown)
Nurfitriasih, Dyah Metha (Unknown)
Kartiko, Galuh (Unknown)
Ludfillah, Novrida Qudsi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2024

Abstract

Desa Tulusbesar merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya alam, budaya Jawa dan seni yang khas hingga dikenal sebagai desa wisata budaya di Malang Raya. Kesenian di desa ini diantaranya kriya Topeng Malangan, Wayang, pecut, aneka suvenir ataupun pagelaran budya dan seni. Keanekaragaman wisata budaya dan seni mampu menghadirkan potensi yang lebih besar untuk dinikmati masyarakat secara lebih luas. Hanya saja, hingga saat ini banyak sekali warga lokal yang belum mengenal produk/jasa ini. Hal ini karena belum optimalnya upaya pengenalan kembali potensi yang dimiliki desa pada masyarakat secara luas, karena media promosi yang digunakan oleh pihak pengelola desa, penggiat seni, pengrajin ataupun penjual yang ada di Tulusbesar belum disinergikan dengan teknologi yang berkembang saat ini. Untuk mengatasi masalah ini, Tim PPM mengembangkan sebuah website yang mempromosikan produk seni budaya, jasa, dan festival yang ada di desa. Umpan balik dari peserta, yang akan berperan sebagai operator atau pengelola website, menunjukkan bahwa platform tersebut dianggap bermanfaat dan efektif sebagai solusi untuk permasalahan yang dihadapi mitra. Selain itu, pendampingan bimtek operator website juga meningkatkan keterampilan peserta dalam pengoperasian website. Dengan upaya ini, diharapkan potensi desa Tulusbesar dapat lebih dikenal dan dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat luas.

Copyrights © 2024