Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 4, Nomor 3 November 2024

Strategi Guru Dalam Mengatasi Burnout Study Peserta Didik Pada Masa Teaching From Home Di Madrasah Aliyah Assalam Timbuseng Takalar

Karmila, Karmila (Unknown)
Syukur, Muhammad (Unknown)
Sadriani, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) strategi guru dalam mengatasi burnout study peserta didik pada masa teaching from home di Madrasah Aliyah Assalam Timbuseng Takalar dan 2) faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya burnout study peserta didik pada masa teaching from home di Madrasah Aliyah Assalam Timbuseng Takalar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang yang ditentukan melalui teknik purpose sampling dengan kriteria guru yang menggunakan lebih dari dua aplikasi. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan member check. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Strategi guru dalam mengatasi burnout study peserta didik pada masa teaching from home di Madrasah Aliyah Assalam Timbuseng Takalar adalah          (a) Menggunakan strategi yang variatif; (b) Memberikan motivasi; (c) Ice breaking; (d) Komunikasi dengan Orang Tua. 2) Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya burnout study peserta didik pada masa teaching from home di Madrasah Aliyah Assalam Timbuseng Takalar adalah (a) Kesulitan dalam memahami materi; (b) Banyaknya tugas yang diberikan guru; (c) Keterbatasan kuota dan buruknya sinyal; (d) Lingkungan yang tidak mendukung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...