Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Hambatan guru dalam penerapan pembelajaran berbasis digital di UPT SMA Negeri 1 Barru dan 2) Upaya guru dalam penerapan pembelajaran berbasis digital di UPT SMA Negeri 1 Barru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 10 guruĀ yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria guru yaitu: 1) guru sosiologi yang telah menerapkan pembelajaran digital, 2) guru yang saat ini mengajar di UPT SMA Negeri 1 Barru. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan member check. Analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Hambatan guru dalam penerapan pembelajaran berbasis digital yaitu, a) Jaringan wifi yang belum merata di seluruh kelas, b) kedisiplinan siswa dalam penerapan pembelajaran digital danĀ c) kompetensi guru yang perlu ditingkatkan 2) Upaya guru dalam penerapan pembelajaran berbasis digital yaitu; a) menggunakan kuota pribadi, b) mengikuti pelatihan digital guru, c) memberikan metode mengajar yang menyenangkan melalui digital dan d) mengontrol penggunaan perangkat digital pada siswa di kelas.
Copyrights © 2024