Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 4, Nomor 3 November 2024

Hambatan Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Berbasis Digital pada Mata Pelajaran Sosiologi di UPT SMA Negeri 1 Barru

Anggraeni, Nurul (Unknown)
Awaru, A. Octamaya Tenri (Unknown)
Sadriani, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Hambatan guru dalam penerapan pembelajaran berbasis digital di UPT SMA Negeri 1 Barru dan 2) Upaya guru dalam penerapan pembelajaran berbasis digital di UPT SMA Negeri 1 Barru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 10 guruĀ  yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria guru yaitu: 1) guru sosiologi yang telah menerapkan pembelajaran digital, 2) guru yang saat ini mengajar di UPT SMA Negeri 1 Barru. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan member check. Analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Hambatan guru dalam penerapan pembelajaran berbasis digital yaitu, a) Jaringan wifi yang belum merata di seluruh kelas, b) kedisiplinan siswa dalam penerapan pembelajaran digital danĀ  c) kompetensi guru yang perlu ditingkatkan 2) Upaya guru dalam penerapan pembelajaran berbasis digital yaitu; a) menggunakan kuota pribadi, b) mengikuti pelatihan digital guru, c) memberikan metode mengajar yang menyenangkan melalui digital dan d) mengontrol penggunaan perangkat digital pada siswa di kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...