Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 4, Nomor 3 November 2024

UPAYA GURU UNTUK MENGURANGI TINGKAT KEBOSANAN SISWA SAAT BELAJAR DI UPT SMA NEGERI 25 BONE

Hasni, Hasni (Unknown)
Awaru, A. Octamaya Tenri (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Upaya guru untuk mengurangi tingkat kebosanan siswa saat belajar 2) Hambatan yang dialami guru untuk mengurangi tingkat kebosanan siswa saat belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 9 orang, terdiri dari guru yang berstatus aktif mengajar di sekolah. Penentuan informan ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria  yaitu : 1) Guru yang menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi, 2) Guru yang telah mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan 3) Guru yang telah mengikuti program guru penggerak . Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan member check. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Upaya guru untuk mengurangi tingkat kebosanan siswa saat belajar yaitu: a) menerepkan ice breaking yang bervariasi , b) menggunkan media pembelajaran audio visual, c) membangun hubungan baik dengan siswa, dan d) mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. 2) Hambatan yang dialami guru untuk mengurangi tingkat kebosanan siswa yaitu: a) sarana dan prasana yang terbatas, b) sekolah tidak pernah melakukan pelatihan ice breaking, dan c) pengetahuan dan keterampilan guru yang terbatas   

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...