Temuan penelitian menunjukkan bahwa beberapa siswa mengalami kesulitan membaca awal. Dari 23 siswa kelas dua, 10 diantaranya masih belum mencapai kemampuan membaca dengan persentase 65,70 persen. Hal ini menunjukkan bahwa metode pengajaran yang digunakan guru mungkin belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan setiap siswa karena pengajarannya sebagian besar terfokus pada buku teks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dampak penggunaan video animasi dan multimedia terhadap peningkatan keterampilan pemahaman membaca siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari kelompok pertama ke kelompok kedua, yaitu dari 67,82 menjadi 76,73 pada tes tersebut keterampilan membaca permulaan. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan hasil yang positif, dengan nilai rata-rata kelompok belajar kedua mencapai 76,73, yang melebihi KKM 70. Tingkat ketuntasan klasikal meningkat dari 56,52% pada kelompok pertama menjadi 86,95% pada kelompok kedua. Literatur menunjukkan bahwa video animasi multimedia memiliki potensi untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa saat membaca nyaring dan memotivasi mereka untuk lebih aktif berpartisipasi di kelas, khususnya pada siswa kelas II SD Negeri 2 Tolitoli
Copyrights © 2024