Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya keterampilan berbicara siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia karena siswa mengalami beberapa hambatan diantaranya, kurangnya kemampuan berbahasa, penggunaan bahasa daerah, kurangnya pemahaman materi, dan hasil belajar yang kurang. Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Inside Outside Circle terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 16 Pangkalpinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest. Sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas V SD Negeri 16 Pangkalpinang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes lisan yang terdiri dari 5 aspek penilaian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan hipotesis yang menggunakan uji Paired Sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil tes pada kegiatan pretest dan posttest. Hal ini ditunjukkan pada hasil perhitungan uji Paired Sampel t-test dengan SPSS 25 dimana nilai yang diperoleh thitung sebesar 14,177, sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai sebesar 1,711. Maka hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga bisa disimpulkan model Inside Outside Circle memberikan pengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 16 Pangkalpinang
Copyrights © 2024