Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JUKIM)
Vol. 3 No. 05 (2024): September: Jurnal Ilmiah Multidisiplin

PENGEMBANGAN MEDIA MAZE GAME TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI MA DARUL ULUM PALANGKA RAYA

Khasanah, Kusnia Nikmatul (Unknown)
Adyaputri, Elvira (Unknown)
Khairi, Khairi (Unknown)
Azis, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis maze game untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 10 di MA Darul Ulum Palangka Raya dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Peneliti menerapkan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang mencakup tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa maze game berbasis platform Wordwall efektif meningkatkan motivasi belajar siswa. Media ini setelah di rekapitulasi persentase kevalidan sebesar 81,25% maka dinilai sangat layak oleh ahli materi dan media, serta mampu membuat pembelajaran lebih interaktif, menarik, dan mudah diakses. Penelitian ini juga menggarisbawahi pentingnya penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran guna memenuhi kebutuhan dan karakteristik siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JUKIM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia dan di terbitkan 6 kali dalam setahun yautu Januari, Maret, Mei, Juli, September, November. Jurnal Ilmiah ...