Penelitian ini menelaah pemikiran Ali Ahmad Madkur dalam kitab Manhaj Al-Tarbiyah Fii Al-Tashawwur Al-Islami berkenaan dengan Filsafat Pendidikan dan Teori Pendidikan. Dalam kajian ini, kami mendalami analisis mendalam atas tulisan dan pemikirannya, dengan fokus pada konsep-konsep filosofis yang dianggapnya kontroversial. Sikap Madkur yang tampaknya antipati terhadap filsafat pendidikan Islam diuraikan, dengan menekankan potensi penyimpangan nilai-nilai Islam murni melalui penerapan konsep-konsep filosofis. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan teknik studi dokumentasi. Artikel ini menggunakan metode analisis kritis untuk menjelaskan pandangan Ali Ahmad Madkur tentang filsafat pendidikan dan teori pendidikan Islam. Metode penelitian meliputi telaah pustaka dan analisis teks-teks utama Madkur. Kami juga mempertimbangkan konsekuensi praktis dari pandangan Madkur tentang penerapan pendidikan Islam. Hasil dari penelitian ini menyediakan ruang untuk memahami berbagai perspektif dan mendorong pertimbangan mendalam mengenai integrasi nilai-nilai Islam dalam pendapat Ali Ahmad Madkur dengan kebutuhan pendidikan kontemporer yang semakin berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Kata Kunci: Filsafat Pendidikan, Teori Pendidikan, Kitab, Islam, Syariat.
Copyrights © 2024