Kebijakan zonasi sekolah di Indonesia diperkenalkan sebagai upaya untuk meningkatkan akses dan pemerataan pendidikan bagi semua siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan zonasi, tantangan yang dihadapi, serta dampaknya terhadap mutu pendidikan di berbagai daerah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan mengkaji berbagai sumber akademik dan kebijakan terkait zonasi. Temuan menunjukkan bahwa meskipun kebijakan ini berpotensi untuk menciptakan keadilan dalam pendidikan, pelaksanaannya sering terhambat oleh disparitas kualitas antar sekolah dan resistensi masyarakat. Implikasi dari penelitian ini menekankan perlunya dukungan pemerintah yang lebih kuat dan keterlibatan masyarakat dalam proses pendidikan untuk mencapai tujuan peningkatan mutu pendidikan secara efektif. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengambil kebijakan dan praktisi pendidikan dalam merumuskan strategi implementasi kebijakan zonasi yang lebih baik di masa mendatang.
Copyrights © 2024