Peneltian ini bertujuan yaitu (1) mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar IPAS (2) Sebagai rujukan guru untuk membuat perangkat pembelajaran (3) Sebagai suatu upaya untuk mengatasi permasalahan peserta didik pada proses pembelajaran. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas VI SDN Nglandung 03 Kabupaten Madiun yang berjumlah 7 peserta didik. Jenis penelitian yang ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki 3 tahap. Tahap I yaitu (pra-siklus), dimana pendidik melaksanakan pembelajaran secara konvensional yaitu metode ceramah. Pada tahap 2 (Siklus 1) dan tahap 3 (Siklus II), pendidik mengimplementasikan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Wordwall. Hasil penelitian, ditemukan bahwa implementasi model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas VI SDN Nglandung 03 Kabupaten Madiun. Hal ini dapat ditunjukkan hasil kenaikan nilai rata-rata kelas dan presentase ketuntasan pada setiap tahapannya. Nilai rata-rata pada tahap pra-siklus 68,86 kemudian siklus 1 yaitu 76,86 dan siklus 2 yaitu 83,28. Sedangkan presentase ketuntasan pada tahap pra siklus yaitu 42,85 % Kemudian siklus 1 yaitu 71,42 % dan siklus 2 yaitu 85,71 %.
Copyrights © 2024