Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Optimalisasi Peran Guru Madrasah Dalam Mendorong Santri Bangkalan Terhadap penerapan Halal Lifestyle Perspektif Maqashid Syariah, yang dilatarbelakangi oleh tantangan yang dihadapi generasi muda, khususnya santri dalam mempertahankan gaya hidup halal di tengah arus modernisasi, sehingga butuh akan penguatan. Guru Madrasah memiliki peranan penting dalam memberikan arahan, pemahaman, serta teladan mengenai penerapan gaya hidup halal terhadap santri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data bersumber dari data primer, yaitu memperoleh data langsung dari lapangan, dan data sekunder yang bersumber dari jurnal serta buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mendorong santri Bangkalan terhadap pentingnya penerapan halal lifestyle telah berjalan optimal, yang dilakukan dengan cara memperluas pendekatan yang digunakan, yaitu tidak hanya melalui pengajaran formal, tetapi juga melalui integrasi nilai-nilai halal dalam kurikulum, keteladanan, kegiatan bimbingan spiritual dan program ekstrakurikuler yang dapat mendukung dalam penerapan halal lifestyle. Dalam perspektif maqashid syariah, gaya hidup halal dipandang sebagai kebutuhan primer (dharuriyat) yang melindungi lima prinsip inti dalam kehidupan, yaitu agama, jiwa, akal, keturunan, dan harta.
Copyrights © 2024