Dalam kegiatan belajar mengajar, hasil belajar merupakan suatu bukti dalam menentukan ketercapaian peserta didik dalam memahami pembelajaran. Sehingga hasil belajar ini sangat penting untuk diperhatikan. Untuk mendapatkan hasil belajar yang bagus, tentunya juga didapatkan dari proses belajar yang sungguh-sungguh. Selain itu juga didukung dengan adanya kegiatan pembelajaran yang mendukung peserta didik. berbagai hal yang mendukung hasil belajar peserta didik dalam kelas yaitu seperti sumber belajar, media pembelajaran, model maupun metode pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Berdasarkan permasalahan yang terjadi di kelas III SDN Nglandung 03 berupa peserta didik kurang termotivasi dalam mempelajari materi IPAS tentang sumber energi dikarenakan bacaan materi yang sulit untuk dipahami oleh peserta didik. selain itu terlihat peserta didik kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Peserta didik juga terlihat pasif dan jarang merespon pertanyaan yang diberikan oleh guru. Dari kondisi dan sikap peserta didik tersebut tentu saja akan berpengaruh pada hasil belajar mereka. Oleh karena itu berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian untuk meningkatkan hasil inkuiri ilmiah tentang sumber energi dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning didukung trace learning. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang mencakup tiga langkah. Dalam tahap pertama yaitu disebut dengan tahap pra-siklus yang mana pendidik melakukan kegiatan pembelajaran tanpa penerapan medode Discovery Learning dan media pembelajaran. Kemudian dilakukan tahap 2 (siklus pembelajaran I) dan tahap 3 (siklus pembelajaran II) dengan model Discovery Learning dan media pembelajaran Lacak Dunia. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Nglandung 03 dengan jumlah 8. Dari hasil penelitian terlihat bahwa hasil belajar mengalami peningkatan dari 62,50% pada siklus I lalu pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,50%. Dengan adanya perubahan tersebut maka bisa diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning serta media pembelajaran berupa Lacak Dunia yang sesuai degan karakteristik peserta didik mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Ngladnung 03.
Copyrights © 2024