Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 2 No. 11 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi November

ANALISIS PERAN STRATEGI PT IPC TERMINAL PETI KEMAS CABANG PANJANG DALAM MENDORONG PENINGKATAN EKSPOR DAN PENURUNAN IMPOR DI INDONESIA

Adelia Ananda Putri (Unknown)
Aurel Trijunia (Unknown)
Nurhasanah (Unknown)
Istiazah Garizah Narda (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2024

Abstract

Salah satu faktor kunci yang mempengaruhi ekonomi internal suatu negara adalah perdagangan internasional. Untuk membuat perubahan besar dalam masyarakat dan pemerintah, diperlukan rencana untuk meningkatkan ekspor dan strategi untuk mengurangi kegiatan impor. Hal ini dikarenakan upaya dan strategi untuk meningkatkan ekspor merupakan peluang dan pendekatan untuk meningkatkan perekonomian. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang menggabungkan penelitian lapangan dan analisis literatur. Proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan juga mengumpulkan temuan-temuan penelitian yang berkaitan dengan topik diskusi. Temuan penelitian diperoleh dari sumber primer dan sekunder, termasuk berita, dokumen, publikasi ilmiah, dan wawancara tentang taktik perdagangan internasional. Setelah wabah Covid-19, perekonomian Indonesia mengalami penurunan, dengan menurunnya perdagangan, perkebunan, dan lapangan pekerjaan. Karena ketidakmampuan produk UMKM untuk memenuhi permintaan, Indonesia terus mengimpor barang dari negara lain. Demi pemulihan ekonomi Indonesia, hal ini tentu saja harus diubah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...