Pengembangan kompetensi sumber daya manusia (SDM) menjadi elemen yang berguna dalam meningkatkan dan mempertahankan loyalitas konsumen, terutama di tengah persaingan bisnis yang saat ini semakin ketat. Memiliki SDM yang unggul tidak hanya dapat menghasilkan komunikasi yang baik terhadap pelanggan, namun juga dapat membantu Perusahaan untuk membangun hubungan yang positif terhadap pelanggan yang akan berdampak pada loyalitas dalam waktu yang lama. Dengan memiliki pelanggan yang setia dengan produk kita, maka perusahaan akan mudah untuk memasarkan produknya. Hal ini dikarenakan pelanggan yang cenderung merasa puas akan produk/jasa yang mereka dapat, maka pelanggan akan merekomendasikan kepada orang lain tanpa diminta oleh perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi bagaimana pengembangan kompetensi SDM dapat berdampak langsung pada loyalitas konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif melalui studi kepustakaan, yang dilakukan dengan menelaah buku-buku dan sumber karya ilmiah yang relevan untuk memperdalam pemahaman dengan apa yang dibahas. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi SDM dalam hal keterampilan, pengetahuan, dan sikap saat bekerja akan menghasilkan sebuah kontribusi yang signifikan positif terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen, Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat memberikan pandangan terhadap Perusahaan mengenai bagaimana cara untuk menghadapi dinamika kebutuhan dan ekspektasi konsumen yang terus berkembang, sehingga Perusahaan tidak akan kehilangan konsumen yang telah percaya dengan produknya.
Copyrights © 2024