Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 2 No. 11 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi November

EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

An Nisaa Angela Mita Yogi (Unknown)
Qurrotul Anfa (Unknown)
Lucky Amatur R (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis proyek Project Based Learning/PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian dilakukan pada dua kelas VIII SMPN 1 Bringin, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menerapkan model PjBL berbantuan video, sementara kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran yang biasa diterapkan oleh guru IPA di sekolah tersebut. Data dikumpulkan melalui tes esai, wawancara guru, dan angket respons siswa. Tes esai terdiri dari 10 soal yang dirancang untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Analisis data menggunakan uji Independent Sample t-test untuk mengetahui perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL berbantuan video efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Efektivitas ini menunjukkan bahwa model PjBL dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, sehingga direkomendasikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang inovatif dan efektif di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...