Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 2 No. 11 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi November

STRATEGI INOVATIF DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN DI ERA DIGITAL

Mochammad Assyava' Aulia Firdaus (Unknown)
Mudji Kuswinarno (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Pada era globalisasi dan kemajuan teknologi saat ini yang sangat pesat, Dimana Kemajuan teknologi membuka banyak peluang untuk inovasi, efisiensi, dan peningkatan kualitas hidup di berbagai sektor. Untuk itu kesiapan pengembangan sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di dunia kerja modern. Penelitian ini membahas strategi inovatif yang dapat diterapkan dalam pengembangan SDM untuk meningkatkan kompetensi dan adaptabilitas tenaga kerja. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitiaan Melalui pendekatan studi kasus dan analisis kualitatif studi literatur, penelitian ini mengidentifikasi tiga strategi utama, diantaranya seperti pemanfaatan teknologi digital dalam pelatihan, peningkatan kompetensi serta adaptasi tenga kerja, dan menciptakan lingkungan kerja yang ingklusif dan responsive terhadap perubahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi-strategi ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis dan non-teknis, tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan responsif terhadap perubahan. Dengan demikian, artikel ini menyarankan bahwa organisasi perlu berinvestasi dalam inovasi SDM untuk memastikan daya saing dan keberlanjutan di tengah dinamika pasar yang terus berubah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...