Pengembangan moral, nilai-nilai luhur sikap siswa merupakan sebuah perhatian khusus untuk mengembangkan manusia yang bermartabat. Pentingnya penanaman nilai-nilai Pancasila juga dijadikan dasar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menjadi salah satu yang pasti ada pada jenjang Pendidikan. Hal inilah mengapa Pancasila dijadikan sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia dan diaplikasikan dalam mata pelaaran disetiap jenjang Pendidikan di Indonesia salah satunya Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di tingkat Sekolah Dasar dengan tujuan pemberian pondasi dasar-dasar Pancasila sejak dini. Hal ini diharapkan dapat mempengaruhi norma, dan perilaku siswa serta cara pandang untuk berpikir kritis. Kurangnya pemahaman bagaimana siswa mengimplementasikannya pada setiap perilaku baik di sekolah maupun dirumah sangatlah rendah, terlebih hanya dijelaskan melalui tulisan tanpa memberikan contoh secara langsung ataupun gambar kepada siswa. Salah satu alternatif untuk memecahkan masalah siswa tersebut adalah dilakukan kegiatan pembelajaran dengan mempergunakan media gambar. Penerapan media gambar berupa flash card, puzzle, dan snowball showing diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas II dengan jumlah 12 anak 6 laki-laki dan 6 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pemberian siklus I mengalami peningkatan hasil belajar 66%. Sedangkan peningkatan juga terjadi kembali pada siklus II dengan presentasi 100%. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa penerapan media bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 pada materi simbol-simbol Pancasila di SD Negeri Karangrejo 01.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024