Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Kuis Educaplay dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas lima di SDN Nglambangan 01. Sebelum melakukan penelitian hasil belajar mata peelajaran ipas tergolong rendah. pembelajara membosankan dan hanya ceramah yang membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran membuat hasil belajar tidak memuaskan. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 2 siklus. Pada siklus 1 hasil belajar mencapai 45% setelah menggunakan educaplay pada siklus 2 meningkat mencapai 85%, dimana sebelum hanya 9 siswa yang tuntas dan naik menjadi 17 siswa setelah menggunakan kuis educaplay dalam pembelajaran. Hasilnya menunjukkan perubahan yang meningkat dan kongkret pada hasil belajar siswa setelah penerapan Educaplay. Siswa lebih antusias dalam belajar dan menunjukkan pemahaman konseptual yang lebih baik. Tantangan seperti keterbatasan akses ke perangkat dan literasi digital siswa diatasi melalui pelatihan dan dukungan teknis. Berdasarkan temuan ini, Educaplay direkomendasikan sebagai alat pembelajaran interaktif yang berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan keterlibatan siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024