Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 2 No. 12 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Desember

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS RENDAH SDN BANJARSARI WETAN 02 KABUPATEN MADIUN

Yuda Pratama (Unknown)
Hendra Erik Rudyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengeksplorasi pengaruh model Visual Auditory Kinesthetic (VAK) dalam pembelajaran terhadap motivasi dan keaktifan siswa di kelas rendah sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SDN Banjarsari Wetan 02, Kab. Madiun, di mana proses pembelajaran cenderung monoton dan kurang melibatkan variasi aktivitas. Metode pengajaran yang konvensional, seperti ceramah, menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa serta minimnya keterlibatan aktif mereka dalam pembelajaran. Permasalahan ini menjadi alasan utama untuk menerapkan model pembelajaran VAK sebagai alternatif yang inovatif. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan pendidik dan siswa sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan kegiatan refleksi yang dilakukan selama dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas rendah, dengan jumlah siswa rata-rata sebanyak 8-10 orang di setiap kelas. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif, dengan hasil disajikan dalam bentuk tabel, grafik, dan uraian naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran VAK berdampak positif terhadap motivasi dan keaktifan belajar siswa. Setiap siklus menunjukkan peningkatan signifikan pada persentase motivasi dan keaktifan belajar dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua. Grafik indikator motivasi dan keaktifan belajar siswa juga menunjukkan rata-rata di atas 60%, yang tergolong dalam kategori tinggi. Model pembelajaran VAK terbukti mampu membantu siswa menjadi lebih fokus, aktif, dan mudah menjalin kerja sama, sehingga menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Hasil ini menunjukkan bahwa model VAK dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, meskipun perlu perhatian khusus pada implementasi refleksi agar pembelajaran terus berkembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...