Kemampuan koneksi matematis yang dimiliki siswa di Indonesia masih berada di tingkat yang rendah, hal ini dapat dilihat dalam kemampuan siswa untuk menghubungkan konsep matematika dengan subjek lain, dan menggunakan konsep matematis dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian relevan lain menunjukkan adanya fakta bahwa kemampuan koneksi matematis siswa yang ada di tingkat rendah adalah karena pendekatan pembelajaran yang kurang tepat dan kurangnya bimbingan dalam proses belajar. Perlu adanya upaya untuk mengembangkan kemampuan koneksi matematis siswa yang ada di tingkat sedang bahkan rendah, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan pendekatan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. penulisan artikel ini memiliki tujuan untuk mengkaji variasi pendekatan pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kepustakaan, yang juga dikenal sebagai penelitian literatur. Di mana informasi dikumpulkan dari berbagai jurnal, artikel, dan sumber literatur yang relevan. Hasil studi kepustakaan menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran seperti pendekatan saintifik, pendekatan matematika realistis, pendekatan kontekstual, dan pendekatan berpikir metafora memiliki pengaruh signifikan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis pada siswa.
Copyrights © 2024