Penelitian ini bertujuan menganalisis minat belajar siswa SMA terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang berfokus pada populasi siswa SMA di Depok. Sampelnya berjumlah 20 siswa. Instrumen dalam penelitian ini yaitu instrumen non-tes atau angket yang terdiri dari 18 item deskriptif yang berisi pernyataan baik pernyataan positif maupun pernyataan negatif. Instrumen ini disusun berlandaskan empat indikator yang mencerminkan minat siswa dalam belajar matematika. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah dengan perhitungan presentase respon siswa yang selanjutnya dipaparkan berdasarkan kriteria interprestasi hasil respon siswa tersebut. Hasil analisis penelitian memperlihatkan bahwa minat belajar siswa dalam belajar matematika didasari oleh rasa senang, minat, perhatian khusus, dan sikap keterlibatan dalam setiap pembelajaran matematika, yaitu mereka lebih memberikan perhatian khusus dalam pembelajaran matematika dilihat melalui beberapa indikator. Mayoritas siswa memiliki minat yang kuat terhadap pembelajaran matematika. Dan untuk indikator Memiliki keterlibatan dalam pembelajaran matematika hasil survei memperlihatkan bahwa 73% siswa memiliki keterlibatan aktif dalam pembelajaran matematika.
Copyrights © 2025