Tujuan. Dalam menyongsong era society 5.0, pendidikan tinggi melalui kegiatan tri dharma-nya dituntut untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya mumpuni dalam ilmu pengetahuan dan teknologi serta penerapannya, tetapi juga mempunyai rasa percaya diri atas keilmuannya dan memiliki kapasitas attitude yang baik. Salah satu langkah mewujudkannya adalah melalui mata kuliah pengembang kepribadian, seperti mata kuliah Agama Islam. Fokus penelitian ini adalah melihat pengaruh penerapan metode game based learning terhadap interpersonal skills dan intrapersonal skills mahasiswa di Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar. Material dan Metode. Jumlah sampel (n) = 48 responden dari populasi (N)= 120 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan kuesioner menggunakan google form, dan dianalisis menggunakan software SmartPLS versi 3.0 dengan analisis SEM (Structural Equation Modelling) berdasarkan output Iner Model dan Outer Model. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan variable game based learning terhadap interpersonal skills dengan nilai path coefficient 0,674, dan intrapersonal skills dengan nilai path coefficient 0,746. Kesimpulan. Hal ini mengindikasikan adanya sumbangan pengaruh penerapan metode game based learning dalam mata kuliah Agama Islam terhadap interpersonal skills sebanyak 67,4% dan intrapersonal skills sebanyak 74,6%, sehingga metode game based learning dapat diterapkan dalam mata kuliah pengembang kepribadian.
Copyrights © 2024