Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique
Vol 7 No 1 (2024): Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique

ANALISIS PENERAPAN GAYA KOMUNIKASI SUPERVISOR DI DIVISI PRODUKSI

Wijaya, Dian (Unknown)
Purnomo, Agustina Multi (Unknown)
Fitriah, Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2024

Abstract

Salah satu komponen yang mempengaruhi kondusifitas dan kelancaran di tempat kerja adalah gaya komunikasi yang digunakan oleh supervisor. Gaya komunikasi yang digunakan oleh setiap supervisor dapat berpengaruh secara berbeda terhadap komunikasi yang dilakukan. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui gaya komunikasi yang diterapkan supervisor di divisi produksi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan data primer yang dilakukan melalui kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari referensi ilmiah yaitu buku, jurnal artikel dan media website. Populasi dari penelitian ini yaitu karyawan dari Unit Percetakan Al-Quran dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu karyawan yang bekerja di divisi produksi dan di bawahi oleh koordinator dan sujpervisor yang ada di divisi produksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa indikator "the relinguishing style" mendapatkan nilai tertinggi dengan kategori Baik. Penelitian ini menyatakan bahwa gaya komunikasi yang memungkinkan karyawan untuk berinisiatif dan bekerja secara mandiri dianggap lebih disukai dan lebih produktif. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa para karyawan merasa nyaman dan percaya diri ketika supervisor menggunakan gaya komunikasi the relinguishing style yang menunjukkan bahwa ada banyak kepercayaan dan kerja sama di lingkungan komunikasi mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIKQ

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Communique ini memuat artikel ilmiah yang berasal dari hasil penenelitian dan kajian komunikasi. Kajian ini berasal dari berbagai macam cakupan yakni kajian media , jurnalisme, humas, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran, dan kajian yang relevan dengan ilmu komunikasi. Jurnal ini ...