Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 4 (2024): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Muatan IPAS Menggunakan Kombinasi Model PBL, TPS, dan TGT

Winanda, Erika Aulia (Unknown)
Rafianti, Wahdah Refia (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA melalui kombinasi model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL), Think-Pair-Share (TPS), dan Teams-Games-Tournament (TGT). Penelitian dilakukan dalam 4x pertemuan bersamaan perolehan data diambil melalui pengamatan keterampilan berpikir kritis serta pemberian soal evaluasi dengan tujuan menganalisis keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa menggunakan kombinasi model PBL, TPS, dan TGT. Temuan penelitian menandakan kemampuan berpikir kritis meningkat dengan persentase 89% kriteria “Sangat Terampil”, dan hasil belajar siswa mencapai 100% tuntas dalam muatan IPAS. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa dengan kombinasi model PBL, TPS, dan TGT mampu menjadikan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa meningkat, Kendala penelitian meliputi terbatasnya keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar kurang maksimal dikarenakan siswa belum memiliki kemampuan penalaran mendasar untuk berpikir secara logis dan kritis, serta rasa ingin tahu siswa yang kurang menjadikan pembelajaran pasif akibatnya perolehan belajar siswa minimum.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...