Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 4 (2024): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Efektivitas Model Pembelajaran PjBL Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Literasi Sains Aspek Kompetensi Sekolah Dasar Kelas V

Hasanah, Rofiatul (Unknown)
Kartinah, Kartinah (Unknown)
Dwijayanti, Ida (Unknown)
Devega, Lidya Septia (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi tiga permasalahan utama: 1) pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga menghambat pengembangan kemampuan literasi sains peserta didik, 2) belum diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa, dan 3) rendahnya hasil pre-test literasi sains pada mata pelajaran IPAS, khususnya aspek kompetensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berdiferensiasi terhadap literasi sains aspek kompetensi siswa. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas 5 SDN Rejosari 01 Semarang. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda pretest-posttest pada materi sistem pernapasan manusia. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design, dan data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji N-gain, dan uji paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi sains aspek kompetensi siswa sebelum diberikan perlakuan (46,67) meningkat setelah perlakuan (79,16). Hasil uji-t menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan (p < 0,05), dan skor N-gain sebesar 0,3 ≤ g ≤ 0,7 mengindikasikan efektivitas yang sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains aspek kompetensi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...