Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 4 (2024): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V

Masyhudah, Musfiroh Suci (Unknown)
Widyasari, Choiriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika volume kubus dan balok melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 8 Jagalan. Dalam penelitian ini, dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan subjek peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah 8 Jagalan, Surakarta. Metode pengumpulan data mencakup observasi, dan Tes, dengan analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas V. Dalam pembelajaran matematika diperoleh target keberhasilan sebesar 33,33% dengan Indikator peserta didik tuntas. Sedangkan 66,66% untuk peserta didik tidak tuntas. Namun setelah pelaksanaan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, bahwa pada siklus 1 dan siklus II diperoleh data bahwa hasil belajar peserta didik meningkat. Siklus 1 memperoleh target keberhasilan sebesar 81,48% dengan Indikator peserta didik tuntas. Sedangkan 18,52% untuk peserta didik tidak tuntas. Pada indikator siklus II target keberhasilan sebesar 92,59% dengan Indikator peserta didik tuntas. Sedangkan 7,41% untuk peserta didik tidak tuntas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...