Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian
Vol 10 No 2 (2024): Oktober 2024 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitia

Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk di PT Tama Cokelat Indonesia

Febrina, Raden Ismira (Unknown)
Firmansyah, Firmansyah (Unknown)
Pratiwi, Resty Mustika (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan dalam dunia bisnis yang semakin ketat, serta perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin pesat telah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap berbagai aspek, salah satunya aspek pemasaran. Pemasaran tidak akan pernah bisa lepas dengan persaingan, hal tersebut membuat perusahaan memikirkan strategi yang tepat agar dapat berkembang di dunia bisnis. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh para pelaku usaha tidak cukup hanya produk atau jasa yang berkualitas atau harga kompetitif, namun membutuhkan perkembangan yang lebih dari sekedar itu, yakni proses komunikasi yang efektif sebagai suatu sarana dalam mengimplementasikan strategi pemasaran yang efektif, guna memelihara hubungan harmonis antara perusahaan dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkao fakta Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk di PT Tama Cokelat Indonesia yang dilakukan di PT Tama Cokelat Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah melalui wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah model analisis data Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah Integrated Marketing Communication. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan di PT Tama Cokelat Indonesia menggunakan lima aktivitas Integrated Marketing Communications yang populer dan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yakni berupa advertising, sales promotion, direst marketing, personal selling, dan public relations. Penerapan konsep Integrated Marketing Communications ini cukup baik dan efektif untuk meningkatkan jumlah penjualan produk. Kata-Kata Kunci : Integrated Marketing Communications, Bisnis, Pemasaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal komunikasi Universitas Garut diterbitkan bermaksud untuk mengembangkan potensi khususnya bagi dosen ilmu komunikasi Universitas Garut dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang disajikan dalam bentuk tulisan jurnal online. Informasi ini, merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari ...