Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat, kreativitas dan hasil belajar siswa pada siswa kelas XI K 1 SMK Restumuning dalam mata pelajaran Tata Hidang, dengan menggunakan model pembelajaran Decision Making. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan model pembelajaran Decision Making dapat meningkatkan minat, kreativitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rerata minat belajar siswa 63,5%, sedangkan pada siklus II menjadi 86,1%, dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 22,6%%. Rerata kreativitas belajar siswa 63,6%, sedangkan pada siklus II menjadi 80,4%, dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 16,8%% Hasil belajar pada siklus I rerata ketuntasan belajar sebesar 71,7%, sedangkan pada siklus II 81,6%, dengan demikian terjadi peningkatan 9,9%. Pada ketuntasakan klasikal siklus I mencapai presentase rerata sebesar 18,2%, sedangkan pada siklus II menjadi 87,9% terjadi peningkatan sebesar 69,7%. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat kreativitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Tata Hidang siswa kelas XI K 1 SMK Restumuning dapat ditingkatkan dengan model Decision Making.
Copyrights © 2024