JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA
Vol. 3 No. 3 (2024): JAKADARA: JURNAL EKONOMI, BISNIS, DAN HUMANIORA

Strategi Customer Relationship Management dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada Hotel The 101 Bali Fontana Seminyak

Wiguna, I Kadek Dwi Arta (Unknown)
Mertayasa, I Gede Agus (Unknown)
Susanto, Putu Chris (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Pada era globalisasi ini semakin ketatnya persaingan bisnis. Perusahaan harus mulai fokus pada penyampaian nilai (value) dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini dibahas, mengenai Strategi Customer Relationship Management Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Hotel The 101 Bali Fontana Seminyak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan merancang strategi Customer Relationship Management Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Hotel The 101 Bali Fontana Seminyak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan responden sebanyak 20 orang. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis SWOT yang terdiri dari Matriks IE, IFAS/EFAS, matriks SWOT/TOWS. Berdasarkan penelitian IFAS/EFAS skor internal yakni 3,39 dan skor eksternal yakni 3.23. Skor tersebut dijabarkan kedalam matriks IE (Internal Eksternal). Sehingga Diketahui posisi hotel The 101 Bali Fontana Seminyak berada pada growth strategy. Melalui analisis SWOT diperoleh strategi yang dapat dilakukan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan di Hotel The 101 Bali Fontana Seminyak, antara lain strategi SO dapat dilakukan dengan meningkatkan intensitas promosi melalui platform online dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, strategi ST dapat dilakukan dengan tetap menjaga dan meningkatkan kualitas produk maupun jasa, merangkul kompetitor dengan cara membangun hubungan partnership yang dapat menguntungkan kedua belah pihak, strategi WO dengan cara memberikan pelatihan secara rutin kepada seluruh karyawan hotel terkait dengan penerapan software dan teknologi pendukung CRM yang digunakan dalam ruang lingkup kerja, strategi WT dapat dilakukan dengan melakukan persaingan harga antar kompetitor secara sehat, memantau perkembangan trend yang diminati oleh wisatawan secara berkala.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jakadara

Publisher

Subject

Arts Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomika, Bisnis, dan Humaniora (JAKADARA) adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Dhyana Pura, Bali. Jakadara merupakan jurnal yang terbuka untuk umum dan ditinjau oleh pihak terkait yang merupakan media diseminasi hasil ...