Penelitian ini dilatarbelakangi karena permasalahan yang ditemukan di kelas VIII MTsN 9 Padang Pariaman bahwa rendahnya hasil belajar matematika siswa. Hal ini terlihat dari nilai ulangan harian yang diberikan guru matematika. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa soal essay. Data yang diperoleh dari hasil penelitian berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji t adalah thitung = 3,212 dan ttabel =1,68. Karena thitung > ttabel maka tolak H0 dan terima H1 yang dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN 9 Padang Pariaman tahun pelajaran 2023/2024.
Copyrights © 2024