Penggunaan media pembelajaran yang menarik sangatlah penting dalam pembelajaran menulis teks puisi supaya para peserta didik mampu mengembangkan tema dan menumbuhkan minat dalam menulis teks puisi. Penelitian ini bertujuan menilai seberapa efektif penggunaan media siniar Suara Puan di platform Spotify dalam tingkatkan kemampuan menulis teks puisi peserta didik kelas X SMAN 2 Cibitung. Masalah yang menjadi fokus penelitian adalah peserta didik kesulitan mengembangkan tema dan berimajinasi saat menulis teks puisi. Peserta didik memerlukan media ajar yang dapat memantik imajinasi dan kreatifitas dalam pembelajaran teks puisi. Salah satu pemanfaatan media ajar yang diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar adalah siniar atau podcast. Penggunaan media siniar masih kurang diterapkan dalam pembelajaran di kelas sehingga peneliti memilih media ajar tersebut. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Kelas X-1 dan X-5 merupakan sampel yang digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian dilihat dari pemeriksaaan atau pengujian hipotesis yang memperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,018 sehingga dapat menarik kesimpulan bahwa penggunaan media siniar Suara Puan di platform Spotiify efektif terhadap meningkatnya kemampuan menulis teks puisi kelas X SMAN 2 Cibitung. Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Media Siniar, Teks Puisi
Copyrights © 2024