Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 7, No 2: DESEMBER 2024

DETERMINASI MAKRO EKONOMI TERHADAP CADANGAN DEVISA NEGARA BERKEMBANG KAWASAN ASIA TAHUN 2017-2022 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Fadhilah, Widia Delfi (Unknown)
Hayati, Mardhiyah (Unknown)
Sisdianto, Ersi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Cadangan devisa adalah suatu alat pembayaran dalam perdagangan internasional dalam bentuk valuta asing yang dikelola oleh bank sentral. Cadangan devisa di beberapa Negara berkembang di kawasan Asia setiap tahunnya mengalami peningkatan tetapi investasi, inflasi, dan ekspor mengalami fluktuatif maka perlu dilakukan penelitian yang lebih mendalam lagi mengenai pengaruh investasi, inflasi, dan ekspor terhadap cadangan devisa yang ada di enam Negara berkembang di Asia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh investasi, inflasi dan ekspor secara simultan dan parsial terhadap cadangan devisa Negara kawasan Asia. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif analisis data panel dengan teknik sampling area (Cluster Sampling). Hasil penelitian ini menunjukkan variabel investasi berpengaruh positif dan signifikan, variabel inflasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan, dan variabel ekspor berpengaruh negatif dan signifikan terhadap cadangan devisa. Investasi, inflasi, dan ekspor secara simultan berpengaruh terhadap cadangan devisa dengan probability sebesar 0.459619. Dalam islam dalam menjaga kestabilan cadangan devisa itu perlu diperhatikan karena Tasarruf alImam„ala Ra‟iyyah Manutun bi al-Mashlahah (setiap tindakan pemerintah yang berkaitan dengan rakyat senantiasa terkait dengan kemaslahatn mereka).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bisnet

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Bisnisnet adalah Jurnal Ekonomi dan Bisnis yang ditertbitkan dan dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharmawangsa (FEB UNDHAR). Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil penelitian yang mempunyai relevansi dengan : Manajemen Pemasaran ...