Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan deskriptif kualitatif melalui beberapa literatur yang diperoleh berdasarkan kefokusan materi. Teknik akrostik merupakan teknik yang memberikan kemudahan dalam keterampilan menulis puisi karena menyasar pada awal huruf secara vertikal yang nantinya akan tersusun menjadi sebuah kalimat inti. Banyaknya anggapan bahwa pembelajaran keterampilan menulis puisi terbilang sulit dan membutuhkan proses yang panjang memberikan tantangan tersendiri bagi para guru dalam pengaplikasiannya. Berdasarkan hasil studi literatur yang diperoleh, teknik akrostik dapat memberikan progres yang signifikan dalam membantu para guru dan siswa di sekolah menengah pertama pada pembelajaran keterampilan menulis puisi. Pembelajaran sastra yang dapat diekspresikan dengan apa saja pun menjadi peluang bagi guru dalam mengimplementasikannya di dalam kelas. Penggunaan teknik akrostik dapat menjadi alternatif yang memberikan efek kesenangan pada siswa, karena menjadi wahana baru untuk mereka dalam bersastra.
Copyrights © 2024