Sastra merupakan salah satu sarana yang stretigis untuk membentuk karakter kepribadian siswa, mengolah emosi, berpikir kritis, menajamkan rasa serta mengasa penghayatan batin siswa. Namun fenomena yang dihadapi saat ini bahwa sastra disekolah tidak dapat berjalan sesui dengan fungsinya, hal demikian ditemukan rendahnya penghayatan siswa terhadap nilai-nilai sastra yang disebabkan kurangnya guru dan siswa melakukan apresiasi terhadap karya sastra, sehingga pembelajaran sastra terkesan sebatas pemenuhan mata pelajaran bahasa Indonesia. Padahal mengakrabi karya sastra secara langsung siswa dapat menguasai empat aspek keterampilan, menyimak, membaca, menulis dan berbicara. Metode yang digunakan dalam artikel ini studi pustaka atau (literature review) dengan cara menelurusi berbagai artikel, jurnal ilmiah dan buku-buku sastra. Oleh karena itu, hasil yang ditemukan dalam pembahasan ini, segala masalah, diperlukan strategi yang tepat untuk mengatasinya. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran sastra sebagai pembentukan karakter siswa, serta menawarkan solusi pembelajaran sastra bagi guru dan siswa agar mampu menjadi apresiator karya sastra, mengajak menghayati, dan cara membentuk karakter siswa melalui pertunjukkan musikalisasi puisi.
Copyrights © 2024