Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Vol 3 No 4 (2024): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia

Pengaruh Metode Bermain Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini

Ramadani, Ugi (Unknown)
Hikmah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif untuk menyelidiki dampak metode bermain pada perkembangan sosial anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk memahami secara komprehensif pengaruh metode bermain terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Metode bermain terbukti memiliki dampak signifikan dan positif terhadap perkembangan sosial anak usia dini. 2) Melalui metode permainan, anak-anak belajar berinteraksi dengan teman sebaya, memahami konsep berbagi, bekerjasama dalam tim, dan menyelesaikan konflik secara konstruktif. 3) Efektivitas metode bermain dalam mengembangkan keterampilan sosial anak bergantung pada beberapa faktor. Ini termasuk kualitas dan relevansi aktivitas bermain, konsistensi penerapan metode, serta dukungan dari lingkungan sekolah dan keluarga.4) Metode bermain merupakan alat yang sangat efektif dalam mendorong perkembangan sosial anak usia dini

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jupenji

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. ...