Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan value added service terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan pelayaran petikemas. Dimana sampel digunakan berjumlah 112 responden diambil berdasarkan data pelanggan. Analisis menggunakan SEM-PLS untuk menjawab masalah penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh kualitas pelayanan langsung positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai dari koefisien jalur sebesar 0,481. nilai t-value 8.156 > 1.96 dan Sig. 0.000 < 0.05, terdapat pengaruh value added service langsung positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai dari koefisien jalur sebesar 0,427, nilai t-value 6.398 > 1.96 dan Sig. 0.000 < 0.05, terdapat pengaruh kualitas pelayanan langsung dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai dari koefisien jalur 0,314, t-value 2.961 > 1.96 dan Sig. 0.003 < 0.05, tidak ada pengaruh value added service langsung terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai koefisien sebesar -0.048, nilai t-value 0.402 < 1.96 dan Sig. 0.687 > 0.05, terdapat pengaruh kepuasan pelanggan langsung terhadap loyalitas pelalnggan dengan nilai koefisien sebesar 0.528, nilai t-value sebesar 6.198 > 1.96 dan Sig. 0.000 < 0.05.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024