Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan menendang bola menggunakan kaki bagian luar pada siswa SMP N Gwamar Dobo.”Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketercapaian hasil belajar keterampilan menendang bola dengan kaki bagian luar oleh siswa pun nampak mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yang dapat di lihat pada perbedaan atau perbandingan hasil belajar yang di alami oleh siswa. Hasil belajar pada siklus 1 siswa yang tidak tuntas dalam proses pembelajaran sebesar 48 % sedangkan yang tuntas sebesar 52 %, sedangkan pada siklus ke 2 siswa yang tidak tuntas sebesar 10,7 % dan siswa yang tuntas sebesar 87,5. Dari hasil tersebut maka dapat di tarik kesimpulan bahwa penggunaan Model pembelajaran Team Games Tournament (TGT untuk meningkatkan kemampuan menendang bola dengan kaki bagian luar pada siswa kelas VII SMP N Gwamar Dobo sudah maksimal dan baik terhadap hasil pembelajaran sepak bola.
Copyrights © 2024