Muhadasah : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol. 6 No. 2 (2024): Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Urgensi pembelajaran bahasa arab sebagai bahasa kedua di Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan

Ahmad Wasil (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darut Ngalah Pasuruan memiliki urgensi yang tinggi dalam membekali santri dengan pemahaman mendalam terhadap ajaran Islam. Bahasa Arab tidak hanya menjadi alat penting dalam memahami teks agama seperti Al-Qur'an dan Hadits, tetapi juga memperkuat identitas keislaman santri di era global. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran dan manfaat pembelajaran Bahasa Arab sebagai bahasa kedua di pesantren ini. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengamati metode pembelajaran, suasana lingkungan pesantren, serta manfaat akademik dan sosial yang diperoleh santri dari penguasaan Bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan pesantren yang mendukung penggunaan aktif Bahasa Arab membantu santri menginternalisasi bahasa ini secara alami, mempercepat proses belajar, dan meningkatkan keterampilan komunikasi lintas budaya. Penguasaan Bahasa Arab juga membuka akses bagi santri ke literatur Islam yang lebih luas dan mempersiapkan mereka untuk studi lanjutan di institusi pendidikan Islam internasional. Dengan demikian, pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darut Ngalah memiliki peran strategis dalam membentuk santri sebagai pemimpin Muslim yang kompeten dan siap menghadapi tantangan global.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

muhad

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Muhadasah terbit sejak tahun 2018, jurnal ini merupakan jurnal Pendidikan Bahasa Arab yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu-isu yang mencakup kajian bahasa arab. Jurnal Muhadasah selanjutnya akan rutin terbit secara berkala setiap enam bulan sekali yaitu pada bulan Juni ...