Masyarakat Berdaya dan Inovasi
Vol. 5 No. 2 (2024)

Penguatan motivasi bisnis dan promosi online bagi pedagang di Pasar Jadoel Lembah Si Cangkring

Rina Dwiarti (Unknown)
Ratnawati, Dwi Puji (Unknown)
Arifin, Busthanul (Unknown)
Handayani, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Pengabdian masyarakat dilaksanakan di Pasar Jadoel Lembah Si Cangkring, Dusun Jambeyan, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan ini meliputi pelatihan, studi banding, dan pendampingan terkait penguatan motivasi bisnis dan promosi online. Penguatan motivasi bisnis sangat penting mengingat potensi usaha pasar yang besar, namun sebagian besar pedagang hanya memanfaatkan waktu luang saat berjualan di hari Sabtu dan Minggu. Selain itu, promosi online yang telah dijalankan belum optimal, dengan konten yang monoton dan jarang diperbarui. Keterbatasan tenaga admin dalam merespons konsumen juga menjadi kendala. Untuk mengatasi hal ini, diadakan pelatihan oleh dosen dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta, STIM YKPN Yogyakarta, dan Universitas Muria Kudus. Studi banding ke Desa Wisata Brayut Sleman juga dilakukan. Hasilnya, motivasi bisnis pedagang meningkat, mereka lebih konsisten berdagang, dan tim pemasaran semakin aktif dalam mengelola konten promosi online. Pelatihan ini berhasil menggugah semangat dan kinerja para pengurus serta pedagang pasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MAYADANI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Nursing Social Sciences Other

Description

Masyarakat Berdaya dan Inovasi embodies multy discipline research articles including: 1. Education 2. Economy 3. Social and Politic 4. Public Healthy 5. Agriculture 6. ...