Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan usaha ayam geprek denganberbagai variasi level sambal yang berbeda di Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Ciawi,Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Metode yang digunakan adalah kualitatif denganpendekatan studi kasus, fokus pada aspek teknis produksi, pemasaran, dan finansial. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa usaha ayam geprek memiliki prospek yang menjanjikandengan proyeksi pendapatan bulanan sebesar Rp 36.400.000 dan laba bersih Rp26.243.000. Keunggulan produk meliputi enam variasi level sambal, rasa ayam geprekyang kas serta layanan pesan antar. Analisis penjualan menunjukkan titik impas tercapaipada penjualan 775 porsi per bulan. Tantangan utama mencakup persaingan pasar yangketat dan fluktuasi harga bahan baku. Dalam konteks sosio-ekonomi, penelitian inimempertimbangkan data terbaru yang menunjukkan bahwa persentase penduduk miskinyang berada di perkotaan adalah 7,53% sedangkan daerah pedesaan mencapai 12,29%(BPS, 2023). Usaha ayam geprek dengan variasi level sambal di lokasi tersebut layakuntuk dijalankan, dengan potensi tidak hanya mencapai keberhasilan finansial tetapi jugaberkontribusi pada peningkatan ekonomi lokal, namun tetap memerlukan strategimanajemen yang efektif untuk mengatasi risiko bisnis dan memastikan keberlanjutanusaha.
Copyrights © 2025