Among : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Among Pengabdian Masyarakat

Peran NIB Dan Branding Marketing Dalam Meningkatkan Potensi UMKM Minuman Tradisonal Di Desa Kemuning Sidoarjo

Ika Widya Ardhyani (Unknown)
Mohammad Ilham Awalus Syahidin (Unknown)
Lena (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan program pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa dikarenakan program wajib dalam Tri Dharna Perguruan Tinggi. KKN yang dilakukan di Desa Kemuning, Sidoarjo mempunyai program kerja utama yaitu pembuatan branding marketing dan Nomor Induk Berusaha (NIB). Program kerja tersebut berdasarkan observasi dan wawancara di lingkungan yang sudah ada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yaitu produksi minuman tradisional. Tujuan dari pembuatana NIB dan branding marketing yaitu sebagai alat penting bagi pelaku usaha untuk mendapatkan legalitas yang sah, serta akses ke berbagai program bantuan pemerintah dan peluang pembiayaan. Metode pelaksanaannya yaitu observasi lapangan, wawancara, kunjungan ke tempat UMKM, mengikuti proses produksi, mendesain logo dan sticker, membuat laporan keuangan dan membuat NIB. Program kerja tersebut menghasilkan NIB dan logo minuman tradisonal milik Ibu Watini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

among

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Among Jurnal Pengabdian Masyarakat (AJPM) adalah publikasi layanan publik secara berkala untuk mengakomodasi layanan masyarakat bagi dosen di Universitas Maarif Hasyim Latif dan dari universitas lain dalam bentuk literatur, penelitian dan pengembangan yang mencakup berbagai topik yang berkaitan ...