Cakrawala Pedagogik
Vol 8 No 2 (2024): Cakrawala Pedagogik

PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI COUNTING AND RECOGNIZING LETTERS UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK DI PAUD BANI ISYA MERAK

Aliyatul Bayinah (Unknown)
Beni Junedi (Unknown)
Fricticarani, Ade (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan pemahaman konsep berhitung dan mengenal huruf pada anak di PAUD Bani Isya Merak dengan bantuan media video pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang merupakan pendekatan alamiah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan siswa. Serta analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video pembelajaran pada materi berhitung dan mengenal huruf dapat meningkatkan daya ingat anak secara signifikan. Anak lebih mudah memahami materi melalui media video pembelajaran dibandingkan dengan metode konvensional. Namun, beberapa kendala yang dihadapi guru dalam penerapan media ini adalah sulitnya penguasaan teknologi dan minimnya sarana dan prasarana di sekolah, serta perlunya tambahan waktu dan koneksi internet yang stabil untuk membuat video. Namun, bagi siswa, penggunaan media video ini tidak menghadapi kendala yang berarti dan justru meningkatkan motivasi belajar di kelas. Simpulannya, media video pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan daya ingat anak pada materi berhitung dan mengenal huruf. Hal ini disebabkan penggunaan visual dan audio yang menarik perhatian siswa dan membantu siswa mengingat informasi dengan lebih baik.

Copyrights © 2024