Tujuan penelitian adalah (1) Menemukan dan menguji apakah kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung terhadap kinerja guru Sekolah Dasar (2) Apakah kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung terhadap motivasi kerja guru Sekolah Dasar (3) Apakah kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung terhadap kepuasan kerja guru Sekolah Dasar (4) Apakah motivasi kerja berpengaruh langsung terhadap kepuasan kerja guru Sekolah Dasar 5) Apakah kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan kepuasan kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja guru Sekolah Dasar. Penelitian ini ini dilakukan pada SD Negeri se Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pendekatan survey, populasi 408 guru, sampel 202 guru, teknik pengambilan sampel secara proportional random sampling dengan menggunakan rumus Slovin pada taraf kesalahan 5%, teknik pengumpulan data kuesioner ”skala likert” dan teknik pengolahan data analasis jalur. Temuan penelitian secara parsial diperoleh pengaruh langsung (1) kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru sebesar 0,147; (2) motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,142; (3) kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja sebesar 0,128; (4) motivasi kerja terhadap kepuasan kerja sebesar 0,134; (5) kepuasan kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,470. Temuan penelitian secara simultan kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan kepuasan kerja secara bersama sama terhadap kinerja guru sebesar 0,52 sedangkan sisanya 0,48 ditentukan oleh faktor lain
Copyrights © 2024