Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
Vol. 4, No. 2, Oktober 2024

Pemanfaatan Media YouTube dalam Pembelajaran Praktik Pidato untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi di Masa Pandemi

Muhtadin, Lastiadi (Unknown)
Makruf, Ali Imron (Unknown)
Indah, Tiara (Unknown)
Kusumaningtyas, Dian Artha (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan media YouTube dalam meningkatkan kemampuan komunikasi, khususnya keterampilan berbicara di depan umum, pada siswa kelas 5 SD di masa pandemi COVID-19. Dalam situasi pembelajaran daring yang menjadi keharusan, media YouTube digunakan sebagai sarana inovatif untuk mendukung proses pembelajaran praktik pidato. Metode yang digunakan adalah pendekatan studi literatur yang diintegrasikan dengan kegiatan pelatihan dan pendampingan praktis bagi guru dan siswa. Kegiatan pengabdian ini dimulai dengan memberikan contoh video pidato dari YouTube, diikuti dengan tugas pembuatan dan pengunggahan video pidato oleh siswa. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan berbicara siswa, terutama dalam hal kejelasan penyampaian, penggunaan bahasa yang tepat, serta pengendalian emosi dan ekspresi. Meskipun ada beberapa kendala teknis dan psikologis, solusi yang diterapkan berhasil mengatasi tantangan tersebut, dan siswa memperoleh keterampilan baru dalam mengoperasikan teknologi digital. Secara keseluruhan, penggunaan YouTube dalam pembelajaran pidato terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa serta memberikan pengalaman belajar yang menarik dan bermanfaat di era digital.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jikm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat yang memfokuskan kegiatannya pada program kampus mengajar. JIKM merupakan jurnal ilmiah dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan ...