Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
Vol. 4, No. 2, Oktober 2024

Penguatan Minat Baca melalui Program Literasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu di Perpustakaan bagi Siswa Sekolah Dasar

Lestari, Mira Puji (Unknown)
Prasetyo, Eko (Unknown)
Prayitno, Harun Joko (Unknown)
Purnomo, Eko (Unknown)
Hendri, Hendri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di SDN 02 Karangturi bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa melalui program pengelolaan dan pemanfaatan buku bacaan bermutu di perpustakaan sekolah. Berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa minat baca siswa di sekolah ini masih sangat rendah, ditandai dengan kurangnya pemanfaatan perpustakaan dan kemampuan membaca yang terbatas. Program ini melibatkan mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 untuk melakukan kegiatan literasi, seperti membaca buku, merangkum isi buku, serta mendampingi siswa yang kesulitan membaca menggunakan metode dikte. Selain itu, dilakukan pula penyortiran dan pengelolaan buku berdasarkan jenis, tema, dan kelas, serta perbaikan fisik ruang perpustakaan yang sebelumnya tidak terawat. Hasil pelaksanaan program menunjukkan adanya peningkatan minat baca dan kemampuan literasi siswa, serta perubahan signifikan pada kondisi perpustakaan yang kini lebih menarik dan fungsional. Kolaborasi antara mahasiswa, guru, dan siswa dalam menjalankan program literasi ini membuktikan bahwa literasi yang baik dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan dan kemampuan akademik siswa. Program ini diharapkan dapat menjadi model untuk pengembangan literasi di sekolah-sekolah lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jikm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat yang memfokuskan kegiatannya pada program kampus mengajar. JIKM merupakan jurnal ilmiah dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan ...