Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif, tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan latar belakang, proses pelaksanaan dan kendala, pada pelatihan Microsoft Word yang dilakukan di SD Sunniyah Surakarta sebagai upaya adaptasi teknologi. Subjek pada penelitian ini merupakan seluruh siswa SD Sunniyah Surakarta dari kelas 2 hingga kelas 6 yang terdiri dari 11 siswa, guru pamong dan rekan mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 6. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan selama program Kampus Mengajar angkatan 6 dilaksanakan dalam kurun waktu Agustus hingga Desember 2023. Hasil dari penelitian ini adalah latar belakang diadakannya program tersebut dilatarbelakangi oleh minimnya pengetahuan siswa mengenai teknologi dan penggunaan Microsoft Word, pelaksanaannya dilakukan dengan metode pemberian materi dan praktik dengan beberapa kendala seperti minimnya sarana dan prasarana penunjang. Hasil dari pelatihan Microsoft Word siswa memberi respon yang positif dan menilai kegiatan ini bermanfaat menambah pengetahuan, siswa juga mampu mengoperasikan dan mengaplikasikan Microsoft Word dengan baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024